Berapa Kali Takbir Masbuq Masuk ke Shalat Bersama Imam?

Berapa Kali Takbir Masbuq Masuk ke Shalat Bersama Imam?

Masbuq yang masuk ke dalam shalat bersama imam wajib bertabiratul ihram dalam keadaan berdiri (kalau dia mampu berdiri). Ini adalah kesepakatan para ulama. Apakah dia wajib juga takbir intiqal (takbir perpindahan dari satu rukun ke rukun lain)? Dalam masalah ini ada beberapa rincian para fukaha.

Madzhab Hanafi

Dalam madzhab Hanafi kita dapati penjelasan salah satu kitab rujukannya yaitu Bada’I’ Ash-Shana’I’ (1/129) karya Abu Bakar Al-Kasani sebagai berikut:

مَّ الْمُقْتَدِي إذَا وَجَدَ الْإِمَامَ فِي حَالِ الْقِيَامِ يُكَبِّرُ لِلِافْتِتَاحِ قَائِمًا، ثُمَّ يُتَابِعُهُ فِي الْقِيَامِ وَيَأْتِي بِالثَّنَاءِ وَإِنْ وَجَدَهُ فِي الرُّكُوعِ يُكَبِّرُ لِلِافْتِتَاحِ قَائِمًا، ثُمَّ يُكَبِّرُ أُخْرَى مَعَ الِانْحِطَاطِ لِلرُّكُوعِ، وَيُتَابِعُهُ فِي الرُّكُوعِ، وَيَأْتِي بِتَسْبِيحَاتِ الرُّكُوعِ وَإِنْ وَجَدَهُ فِي الْقَوْمَةِ الَّتِي بَيْنَ الرُّكُوعِ وَالسُّجُودِ، أَوْ فِي الْقَعْدَةِ الَّتِي بَيْن السَّجْدَتَيْنِ يُتَابِعُهُ فِي ذَلِكَ وَيَسْكُتُ

“Kemudian, seorang makmum bila mendapati imam sedang berdiri maka dia harus bertakbir untuk pembuka shalat (takbiratul ihram) dalam keadaan berdiri, kemudian mengikuti imamnya dalam hal berdiri, dia juga membaca doa pujian (doa iftitah –penerj). Kalau dia mendapati imam dalam keadaan ruku’ maka dia bertakbir iftitah (ihram –penerj) dalam keadaan berdiri, kemudian takbir lagi disertai membungkuk untuk ruku’, lalu dia mengikuti imamnya itu dalam ruku’, membaca tasbih-tasbih ruku’.
Jika dia mendapatinya dalam keadaan berdiri antara ruku’ dan sujud atau ketika duduk antara dua sujud maka dia ikut dalam hal itu dan diam.”

Secara lahiriah pernyataan Al-Kasani ini menunjukkan kalau masbuq mendapati imam sedang I’tidal maka dia tidak lagi takbir (karena memang I’tidal tidak ada takbirnya) dengan tetap takbiratul ihram tentunya. Begitu pula ketika mendapatinya sedang duduk antara dua sujud, maka cukup sekali takbir yaitu takbiratul ihram tanpa takbir menuju duduk dua sujud. Akan tetapi Ibnu Nujaim dalam kitab Al-Bahr Ar-Ra`iq syarh Kanz Ad-Daqa`iq (1/329) menjelaskan,

وَإِنْ أَدْرَكَ إمَامَهُ فِي الْقَعْدَةِ فَإِنَّهُ لَا يَأْتِي بِالثَّنَاءِ بَلْ يُكَبِّرُ لِلِافْتِتَاحِ، ثُمَّلِلِانْحِطَاطِ، ثُمَّ يَقْعُدُ، وَقِيلَ يَأْتِي بِالثَّنَاءِ

“Apabila dia mendapati imam dalam keadaan duduk maka dia tak perlu membaca dzikir pujian (doa iftitah –penerj), melainkan takbir iftitah (ihram) kemudian takbir lagi untuk duduk. Ada pula yang mengatakan dia membaca dzikir pujian (doa iftitah).”

Madzhab Maliki
Penjelasan para ulama Malikiyyah bisa dilihat antara lain dalam kitab Asy-Syarh Al-Kabir oleh Ad-Dardir yang merupakan penjelasan kitab ringkas yang disusun oleh Al-Khalil yang terkenal dengan nama Mukhtashar Khalil sebagai berikut:

(وَكَبَّرَ الْمَسْبُوقُ) تَكْبِيرَةً غَيْرَ تَكْبِيرَةِ الْإِحْرَامِ (لِرُكُوعٍ) وَجَدَ الْإِمَامَ مُتَلَبِّسًا بِهِ وَيَعْتَدُّ بِتِلْكَ الرَّكْعَةِ إنْ أَدْرَكَهَا (أَوْ سُجُودٍ) أَيْ وَكَبَّرَ لِسُجُودٍ وَجَدَ الْإِمَامَ بِهِ غَيْرَ تَكْبِيرَةِ الْإِحْرَامِ أَيْضًا وَلَا يَعْتَدُّ بِرَكْعَةٍ

“Kemudian masbuq bertakbir satu kali lagi selain takbiratul ihram untuk ruku’ ketika dia mendapati imam melakukan itu dan dia terhitung dapat raka’at tersebut kalau mendapatinya. Atau sujud, maksudnya dia bertakbir lagi untuk sujud jika mendapati imam sedang sujud selain dari takbiratul ihram, tapi kali ini tidak dapat raka’at tersebut.” (Asy-Syarh Al-Kabir oleh Ad-Dardir jilid 1 hal. 345).

Kemudian dia menjelaskan untuk yang mendapati imam dalam posisi duduk,

لَا) يُكَبِّرُ غَيْرَ تَكْبِيرَةِ الْإِحْرَامِ (لِجُلُوسٍ) أَوَّلٍ أَوْ ثَانٍ وَجَدَ الْإِمَامَ بِهِ بَلْ يُكَبِّرُ لِلْإِحْرَامِ مِنْ قِيَامٍ وَيَجْلِسُ بِلَا تَكْبِيرٍ)

“Tidak lagi bertakbir selain takbiratul ihram untuk duduk baik duduk pertama (duduk antara dua sujud) maupun duduk kedua (duduk tasyahhud) jika dia mendapati imam dalam posisi tersebut. Dia cukup takbiratul ihram dari posisi berdiri dan duduk tanpa takbir.”(ibid).

Dengan demikian menurut madzhab Maliki kalau mendapati imam sedang ruku’ atau sujud maka masbuq bertakbir dua kali yaitu takbiratul ihram dan takbir intiqal (perpindahan) menuju ruku’ dan sujud. Sedangkan kalau mendapati imam sedang duduk maka takbirnya cukup satu kali yaitu takbiratul ihram dan langsung duduk.

Madzhab Syafi’i
Untuk mengetahui pendapat madzhab Asy-Syafi’I dalam hal ini kita perhatikan pernyataan Asy-Syirazi dalam kitab Al-Muhadzdzab ():

وإن أدركه وهو راكع كبر للإحرام وهو قائم ثم كبر للركوع ويركع

“Jika dia mendapati imam sedang ruku’ maka hendaklah dia bertakbir ihram dalam keadaan berdiri lalu bertakbir lagi untuk ruku’ baru kemudian ruku’.”

Dalam hal ini sama dengan pendapat-pendapat sebelumnya bahwa disyariatkan takbir intiqal ke ruku’. Kemudian Asy-Syirazi melanjutkan,

وإن أدركه ساجدا كبر للإحرام ثم سجد من غير تكبير

“Apabila dia mendapati imam itu sedang sujud maka dia bertakbir ihram kemudian sujud tanpa takbir lagi (takbir intiqal –penerj).”

Di sini berbeda dengan dua madzhab sebelumnya yaitu untuk sujud juga dilakukan takbir intiqal. Namun Asy-Syirazi setelah itu menyebutkan adanya perbedaan pendapat di kalangan madzhab Syafi’iyyah sendiri,

Baca Juga:  Dalil Haramnya Menikahi Pria Non Muslim

ومن أصحابنا من قال: يكبر كما يكبر للركوع

“Sebagian ulama kami (madzhab Syafi’i) mengatakan dia tetap harus takbir sebagaimana takbirnya untuk ruku’.”

Tapi yang menjadi pegangan madzhab adalah tidak takbir ke sujud sebagaimana dilanjutkan oleh Asy-Syirazi,

والمذهب الأول لأنه لم يدرك محل التكبير في السجود ويخالف إذا أدركه راكعا هذا موضع ركوعه ألا ترى يجزئه عن فرضه فصار كالمنفرد

“Yang dipegang dalam madzhab adalah yang pertama (tidak takbir untuk sujud) karena dia tidak mendapati tempat untuk bertakbir ketika sujud, beda halnya ketika akan ruku’ karena memang itulah tempat takbirnya ke ruku’. Bukankah anda perhatikan bahwa dengan mendapati ruku’ itu dia mendapati yang wajibnya sehingga sama seperti shalat sendirian.”

Madzhab Hanbali

Ibnu Qudamah dalam Al-Mughni mengatakan,

وعليه أن يأتي بالتكبيرة منتصبا فإن أتى بها بعد أن انتهى في الانحناء إلى قدر الركوع أو ببعضها لم يجزه لأنه أتى بها في غير محلها إلَّا فِي النَّافِلَةِ ولأنه يفوته القيام وهو من أركان الصلاة ثم يأتي بتكبيرة أخرى للركوع في حال انحطاطه إليه فألاولى ركن لا تسقط بحال والثانية تكبيرة الركوع

“Dia (masbuq) harus melakukan takbir dalam keadaan tegak berdiri. Kalau dia mengucapkannya ketika menunduk sampai seperti ruku’ atau sebagiannya maka tidak memadai karena dia melakukannya di luar tempat seharusnya, kecuali dalam shalat sunnah. Sebab, dia telah ketinggalan ikut berdiri (bersama imam) padahal itu adalah rukun shalat. Kemudian dia ucapkan lagi takbir yang lain untuk ruku’.”

Demikian kata Ibnu Qudamah, selanjutnya dia mengakui bahwa yang ditegaskan oleh Imam Ahmad berdasarkan riwayat Abu Daud dan Shalih justru tidak ada takbir lagi untuk ruku’ dan cukup takbiratul ihram.

Kemudian selain ruku’ maka Ibnu Qudamah menjelaskan,

وَإِنْ أَدْرَكَ الْإِمَامَ فِي رُكْنٍ غَيْرِ الرُّكُوعِ، لَمْ يُكَبِّرْ إلَّا تَكْبِيرَةَ الِافْتِتَاحِ، وَيَنْحَطُّ بِغَيْرِ تَكْبِيرٍ؛ لِأَنَّهُ لَا يُعْتَدُّ لَهُ بِهِ، وَقَدْ فَاتَهُ مَحَلُّ التَّكْبِيرِ

“Kalau dia mendapati imam di salah satu rukun selain ruku’ maka dia tak perlu lagi takbir selain takbir ihram. Dia langsung saja turun tanpa takbir, karena takbir itupun tak terhitung untuknya karena dia memang telah ketinggalan tempat untuk bertakbir.”

(Al-Mughni cetakan Maktabah Qahirah 1968 jilid 1 hal. 363-364).

Dengan demikian pendapat Ibnu Qudamah yang mewakili madzhab Hanbali ini sesuai dengan pendapat madzhab Syafi’iyyah.

Akan tetapi memang diperoleh pernyataan berbeda dari Imam Ahmad yang juga dinukil oleh Ibnu Qudamah sendiri dalam Al-Mughni dimana kalau masbuq mendapati imam sedang ruku’ maka dia mengucapkan takbiratul ihram kemudian langsung ruku’ tanpa takbir lagi. Namun Imam Ahmad tetap menyunnahkan takbir untuk itu karena ketika ditanya oleh Abu Daud,

قُلْت لِأَحْمَدَ يُكَبِّرُ مَرَّتَيْنِ أَحَبُّ إلَيْك؟ قَالَ: إنْ كَبَّرَ تَكْبِيرَتَيْنِ، لَيْسَ فِيهِ اخْتِلَافٌ.

“Aku katakana kepada Ahmad, apakah takbir dua kali (ihram dan intiqal –penerj) lebih anda sukai? Dia menjawab, “Kalau dia takbir dua kali maka tak ada perbedaan pendapat (akan bolehnya- penerj).”

Pendapat Para Sahabat dan Tabi’in.

Ibnu Abi Syaibah dalam Mushannafnya menyebutkan beberapa riwayat terkait pendapat dan pengamalan para sahabat dan tabi’in dalam masalah ini.

Di kitab Shalat beliau membuat bahasan dengan judul:

(في الرجل يدرك الإِمَامَ وَهُوَ رَاكِعٌ، هَلْ تُجْزِئُهُ تَكْبِيرَةٌ) (Orang yang mendapati imam sedang ruku’ apakah cukup baginya hanya satu kali takbir?)

Lalu beliau menurunkan bebarapa atsar antara lain:

2520- حَدَّثنا عَبْدُ الأَعْلَى، عَنْ مَعْمَرٍ، عَنِ الزُّهْرِيِّ، عَنْ سَالِمٍ، عَنِ ابنِ عُمَرَ وَزَيْدِ بْنِ ثَابِتٍ قَالاَ: إِذَا أَدْرَكَ الرَّجُلُ الْقَوْمَ رُكُوعًا، فَإِنَّهُ يُجْزِئُهُ تَكْبِيرَةٌ وَاحِدَةٌ.

“Abdul A’la menceritakan kepada kami, dari Ma’mar, dari Az-Zuhri, dari Salim, dari Ibnu Umar dan Zaid bin Tsabit yang berkata, “Apabila seseorang mendapati jamaah telah ruku’ maka cukup baginya untuk bertakbir satu kali.”

2521- حَدَّثنا وَكِيعٌ، عَنْ إِبْرَاهِيمَ بْنِ إِسْمَاعِيلَ، عَنِ الزُّهْرِيِّ، عَنْ عُرْوَةَ بْنِ الزُّبَيْرِ وَزَيْدِ بْنِ ثَابِتٍ؛ أَنَّهُمَا كَانَا يَجِيئَانِ وَالإِمَامُ رَاكِعٌ فَيُكَبِّرَانِ تَكْبِيرَةَ الافْتِتَاحِ لِلصَّلاَةِ وَلِلرَّكْعَةِ.

“Waki’ menceritakan kepada kami, dari Ibrahim bin Ismail, dari Az-Zuhri, dari Urwah bin Zubair dan Zaid bin Tsabit bahwa mereka kalau mendapati imam sedang ruku’ maka mereka bertakbir satu kali untuk takbiratul ihram dan ruku’.”

2522- حَدَّثنا أَبُو بَكْرِ بْنُ عَيَّاشٍ، عَنْ مُغِيرَةَ، عَنْ إِبْرَاهِيمَ، قَالَ: وَاحِدَةٌ تُجْزِئَك.

Baca Juga:  Shalat Jamaah Estafet Dalam Keempat Madzhab

“Abu Bakar bin Ayyasy menceritakan kepada kami, dari Mughirah, dari Ibrahim, dia berkata, “Satu saja (takbir) sudah cukup bagimu.”

2523- حَدَّثنا ابنُ عُلَيَّةَ، قَالَ: قُلْتُ لابنِ أَبِي نَجِيحٍ: الرَّجُلُ يَنْتَهِي إِلَى الْقَوْمِ وَهُمْ رُكُوعٌ فَيُكَبِّرُ تَكْبِيرَةً وَيَرْكَعُ؟ قَالَ: كَانَ مُجَاهِدٌ يَقُولُ: تُجْزِئهُ.

“Ibnu Ulayyah menceritakan kepada kami, dia berkata, Aku bertanya kepada Ibnu Abi Najih, “Orang yang mendapati jamaah sedang ruku’ lalu dia bertakbir satu kali saja lalu ruku’?” Dia menjawab, “Mujahid pernah mengatakan bahwa itu telah mencukupinya.”

2524- حَدَّثنا ابنُ نُمَيْرٍ، عَنْ عَبْدِ الْمَلِكِ، عَنْ عَطَاءٍ، قَالَ: تُجْزِئهُ التَّكْبِيرَةُ وَإِنْ زَادَ فَهُوَ أَفْضَلُ.

“Ibnu Numair menceritakan kepada kami, dari Abdul Malik, dari ‘Atha` yang berkata, “Cukup baginya satu kali takbir, tapi kalau dia menambah (satu takbir lagi –penerj) maka lebih bagus.”

2525- حَدَّثنا غُنْدَرٌ، عَنْ سَعِيدٍ، عَنْ قَتَادَةَ، عَنِ ابنِ المُسَيَّبِ، قَالَ: تُجْزِئهُ التَّكْبِيرَةُ

“Ghundar menceritakan kepada kami, dari Sa’id, dari Qatadah, dari Ibnu Al-Musayyib, dia berkata, “Cukup baginya satu kali takbir.”

2526- حَدَّثنا ابنُ مَهْدِيٍّ، عَنْ أَبِي عُمَارَةَ، عَنْ بَكْرٍ، قَالَ: سَمِعْتُهُ يَقُولُ: كَبِّرْ تَكْبِيرَةً.

“Ibnu Mahdi menceritakan kepada kami, dari Abu Umarah, dari Bakr, dia berkata, Aku mendengarnya berkata, “Takbirlah satu kali saja.”

2527- حَدَّثنا خَالِدُ بْنُ حَيَّانَ، عَنْ جَعْفَرٍ، عَنْ مَيْمُونٍ: تُجْزِئهُ تَكْبِيرَةٌ.

“Khalid bin Hayyan menceritakan kepada kami, dari Ja’far, dari Maimun, “Cukup baginya bertakbir satu kali.”

2528- حَدَّثنا ابنُ عُلَيَّةَ، عَنْ يُونُسَ، عَنِ الْحَسَنِ؛ أَنَّهُ كَانَ يَسْتَحِبُّ أَنْ يُكَبِّرَ تَكْبِيرَتَيْنِ، فَإِنْ عَجِلَ أَوْ نَسِيَ فَكَبَّرَ تَكْبِيرَةً أَجْزَأَهُ.

“Ibnu Ulayyah menceritakan kepada kami, dari Yunus, dari Hasan, bahwa dia menyukai untuk takbir dua kali, tapi kalau mau buru-buru atau lupa dan takbir satu kali saja maka itu mencukupi.”

2529- حَدَّثنا وَكِيعٌ، عَنْ شُعْبَةَ، قَالَ: سَأَلْتُ الْحَكَمَ، فَقَالَ: تُجْزِئُهُ تَكْبِيرَةٌ.

“Waki’ menceritakan kepada kami, dari Syu’bah, dia berkata, Aku bertanya kepada Al-Hakam (tentang hal ini) maka dia menjawab, “Cukup satu kali takbir saja.”

Kemudian Ibnu Abi Syaibah menyebutkan siapa saja yang berpendapat harus dua kali takbir (takbir ihram dan tkabir intiqal ke ruku’):

2530- حَدَّثنا إِسْمَاعِيلُ بْنُ عَيَّاشٍ، عَنْ عَمْرو بْنِ مُهَاجِرِ، عَنْ عُمَرَ بْنِ عَبْدِ الْعَزِيزِ، قَالَ: يُكَبِّرُ تَكْبِيرَتَيْنِ.

“Ismail bin Ayyasy menceritakan kepada kami, dari Amr bin Muhajir, dari Umar bin Abdul Aziz yang berkata, “Dia harus takbir dua kali.”

2531- حَدَّثنا زَيْدُ بْنُ الْحُبَابِ، عَنْ رَبِيعٍ، عَنْ إِبْرَاهِيمَ الْحَنَفيِّ، قَالَ: سَأَلْتُ ابنَ سِيرِينَ عَنِ الرَّجُلِ يَجِيءُ إِلَى الإِمَامِ وَهُوَ رَاكِعٌ؟ قَالَ: لِيَفْتَتِح الصَّلاَةَ بِتَكْبِيرَةٍ، وَيُكَبِّرُ لِلرُّكُوعِ، فَإِنْ لَمْ يَفْعَلْ فَلا يُجْزِئُهُ.

“Zaid bin Hubab menceritakan kepada kami, dari Rabi’, dari Ibrahim Al-Hanafi yang berkata, Aku bertanya kepada Ibnu Sirin tentang seorang yang mendapati imam sedang ruku’ maka dia menjawab, “Dia harus takbir iftitah shalat dulu baru kemudian takbir untuk ruku’. Kalau tidak demikian maka tidak sah baginya.”

2532- حَدَّثنا إِسْحَاقُ بْنُ مَنْصُورٍ، عَنْ حَمَّادِ بْنِ سَلَمَةَ، عَنْ عَطَاءِ بْنِ السَّائِبِ، عَنْ أَبِي عَبْدِ الرَّحْمَنِ، قَالَ: يُكَبِّرُ تَكْبِيرَةً الافْتِتَاح وَيُكَبِّرُ لِلرُّكُوعِ.

“Ishaq bin MAnshur menceritakan kepada kami, dari Hammad bin Salamah, dari ‘Atha’ bin Sa’ib, dari Abu Abdurrahman yang berkata, “Dia harus takbir untuk iftitah dan takbir juga untuk ruku’.”

Demikian riwayat-riwayat yang dipaparkan oleh Ibnu Abi Syaibah, jadi bisa dilihat dua orang sahabat Nabi yaitu Abdullah bin Umar dan Zaid bin Tsabit mencukupkan diri dengan satu kali takbir saja dan tak perlu lagi takbir ruku’. Sedangkan tabi’in yang mengikuti pendapat ini adalah Urwah bin Zubair, Ibrahim An-Nakha’I, Hasan Al-Bashri, Al-Hakam bin Utaibah, Maimun bin Mihran, ‘Atha` bin Abi Rabah, Mujahid, Sa’id bin Al-Musayyib dan Bakr (saya belum tahu Bakr siapa yang dimaksud di sini).

Sedangkan yang mengatakan harus takbir dua kali tidak diperoleh dari sahabat tapi hanya dari tabi’in yaitu Umar bin Abdul Aziz, Ibnu Sirin dan Abu Abdurrahman (kemungkinan adalah As-Sulami).

Kesimpulan

Dalam hal ini penulis berkesimpulan bahwa disyariatkan takbir intiqal ketika ruku’ dan tidak disyariatkan lagi untuk selain ruku’ seperti dalam madzhab Hanbali dan Syafi’i. Tapi kalau mau bertakbir juga maka tak masalah. Kalau untuk ke ruku’ saja tidak disyariatkan apalagi rukun yang lain seperti di kala sujud, duduk dan I’tidal yang memang tidak ada takbirnya. Wallahu a’lam.

Anshari Taslim

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *