Mempersiapkan Amal Terbaik

Mempersiapkan Amal Terbaik

Bismillah, sudah diketahui jika Pesantren BIK mempunyai daerah binaan Dakwah Marginal (DM) pengajian anak-anak yang tersebar di beberapa titik wilayah daerah Jakarta. Bahkan bukan hanya anak-anak, binaan pengajian ibu-ibu pun kini mulai perlahan hadir sebagai titik binaan baru.

Seperti salah satu semangat salah seorang ibu dari salah satu daerah binaan DM di Rawamangun yang semangat dan kebaikannya patut kita tiru. Beliau bernama bu Sari yang selalu membantu kami (para kakak pengajar) membuka jalan dakwah dari lapak tanah kosong sebagai tempat untuk mengaji. Bu Sari yang selalu menemani dan membantu menggerakkan ibu-ibu di lingkungan sekitar untuk ikut mengaji bersama kami.

Mempersiapkan Amal Terbaik

Sejak itulah bu Sari pun tergerak ingin membuat pengajian untuk anak-anak sekitar rumahnya. Pengajian berawal dari seorang anak yatim keterbelakangan yang tidak bisa apa-apa. Jangankan untuk mengaji bicara saja masih terbata-bata. Dengan niat kuat dan sedikit ilmu dari pengajian rutin mingguan di Purebali ibu Sari mengajari anak tetangganya itu. Alhamdulillah dengan kesabaran dan kasih sayangnya mengajari dia, sekarang anak itu sudah masuk iqra 3 dan sudah bisa menghafal surat-surat pendek.

Bu sari bahkan sempat menyewa kontrakan sebelah rumahnya khusus untuk mengaji anak-anak di sekitar rumah. Namun karena faktor ekonomi (akibat pandemi) penghasilan beliau berkurang jadi terpaksa kontrakan yang digunakan sebagai tempat anak-anak mengaji tidak bisa dilanjutkan kontraknya. Jadilah anak-anak belajar di kontrakan bu Sari yang sempit dan juga digunakan sebagai tempat tinggal.

Saat ini di kontrakan kecil bu Sari anak-anak yang mengaji berjumlah sekitaran 20an anak dari berbagai tingkat ekonomi. Dari yatim, piatu, dhuafa dan termasuk anak ekonomi mampu. Semua anak yang mengaji itu gratis tidak dipungut biaya sepeserpun. Bahkan mereka sering diberikan reward agar semangat mengaji dan ibadah hariannya.

Karena semangat dan kegigihan dari Bu Sari alhamdulillah ada muhsinin yang siap membayarkan kontrakan kosong di samping tempat bu Sari untuk digunakan sebagai tempat anak-anak mengaji sebesar Rp 700.000 per bulan. Pada tanggal 16 Maret 2022 tim santri dari Pesantren Bina Insan Kamil dan Kafalah dakwah bergegas membantu keperluan dan perapihan kontrakan yang akan di pakai untuk anak-anak mengaji. Para santri mulai membantu mengecat dan membeli beberapa keperluan peralatan pendukung belajar mengaji. Alhamdulillah kini kontrakan yang meskipun kecil lebih terasa nyaman untuk di tempati karena sudah di rapihkan. Semoga semangat dan ke istiqomahan para penggerak dakwah selalu Allah jaga. Kita tak akan pernah tau kapan ajal menghampiri kita. Semoga sebelum kita wafat kita bisa mengoptimal, memperbanyak amal jariyah yg bisa kita bawa ke akhirat. Maka yang masih muda dan sehat manfaatkan peluang ini, kejar akhirat nanti dunia ikut sendiri.

Rena Puti Andini
Santriwati BIK Jakarta dan Relawan Dakwah Marjinal, Founder Komunitas Orang Baik, Alumnus STIE Ghanesa, Fakultas Ekonomi 2018, Profesi Guru.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.